Skip to main content

[3 Eps Rule] Sakura Quest


Dikerjakan oleh salah satu studio besar, yaitu P.A Works. Pastinya banyak yang berharap anime ini akan sebagus anime-anime slice of life P.A Works kebanyakan. Anime ini mungkin akan mengingatkan kita dengan Hanasaku Iroha dan juga Shirobako, karena ketiganya memang mengangkat tema yang sama, karakter yang didesain oleh orang yang sama, dan juga dikerjakan oleh studio yang sama.

Sakura Quest sendiri menceritakan tentang Sebuah desa bernama Manoyama yang sedang berusaha untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata desa tersebut. Dinas Pariwisata setempat membentuk kembali sebuah negara mikro yang dahulu pernah berdiri di kota tersebut. Untuk melakukannya, Dinas Pariwisata memutuskan untuk merekrut 5 wanita muda yang berperan sebagai “anggota kerajaan” negara tersebut. Salah satu dari mereka adalah Yoshino Koharu, seorang pencari kerja dari Tokyo yang selalu mengalami kegagalan setiap kali melamar pekerjaan.

Sepertinya menjanjikan

Melihat kesuksesan dari Hanasaku Iroha dan Shirobako, Sakura Quest yang tergabung dalam "Project Working"-nya P.A Works pastinya mendapatkan harapan yang lebih dari fans, agar cerita yang disampaikan bisa sebagus pendahulunya.


Karena biasanya anime yang bertemakan pekerjaan sering memberikan pesan moral yang kuat. Tentunya untuk orang-orang yang mungkin sampai saat ini belum memiliki pekerjaan. Orang tersebut mungkin bisa aja bisa lebih terinspirasi untuk tetap berusaha mencari pekerjaan. Dan untuk yang sudah memiliki pekerjaan tentunya akan lebih memperbaiki kualitas kerjanya dan juga bersyukur karena telah diberi pekerjaan.

Tak hanya itu, karena P.A memang sudah terkenal akan tema slice of life-nya, pastinya akan banyak sekali pesan moral yang bisa kita dapatkan dari anime ini. Yang pasti, kalau dilihat dari studio, desain karakter, sinopsis, dan juga tema pekerjaan yang diangkat. Sakura Quest sudah memenuhi kriteria menjanjikan untuk ditonton.

Actually, this is a gambling


Mungkin point kedua ini akan bertolak belakang dengan apa yang sudah saya sampaikan di point pertama. Ya, karena anime ini adalah original alias bukan adaptasi. Kita jadi tidak tahu apakah kedepannya ceritanya akan bagus atau tidak. Karena yang namanya anime original, script aslinya hanyalah tuhan dan penulisnya saja yang tahu.

Dan dari apa yang sudah ditayangkan sebanyak 3 episode ini. Untuk saya pribadi, Sakura Quest masih terbilang sangat datar dalam hal cerita. Begitu pula dengan para kakarakternya, dari kelima karakter. Menurut saya hanya Yoshino saja yang paling menonjol. Karakter lainnya belum mendapatkan banyak screening time. Saya berharap kedepannya akan ada peningkatan cerita, karena kabarnya Sakura Quest akan tayang sebanyak 25 eps, jadi seharusnya development karakter harus ada dan terasa karena memiliki banyak episode.

Aoi, is that you?


Ketika pertama kali melihat desain karakter utama anime ini, kebanyakan orang pasti akan teringat dengan Miyamori Aoi dari Shirobako. Yang membedakan mungkin hanya rambutnya yg sedikit agak panjang dan warnanya menjadi pink. Tapi soal sifat, rasanya Aoi dan Yoshino tak bisa disamakan. Karena sejauh ini yang saya lihat di diri Yoshino adalah seseorang yang sebenarnya punya jiwa yang pantang menyerah tetapi sedikit naif dimana dia terlihat enggan untuk tinggal lama di daerah pedesaan yang dianggapnya membosankan.

Well, salah satu alasan saya menonton anime ini juga karena ada Yoshino. Selain desain karakternya yang likeable. Jujur, saya ingin melihat sejauh mana perkembangan seorang Yoshino dalam memantapkan tujuan hidupnya dan juga cara dia dalam memajukan desa tersebut.


Kesimpulannya adalah episode perdananya Sakura Quest tampil dengan cukup baik. Karakter Yoshino sendiri diceritakan dengan baik dan memiliki konflik yang jelas. Di gambarkan dengan visual menawan. Kesan serius dari konflik Sakura Quest juga tertutupi oleh eksekusinya yang terasa santai dengan diselipkan humor-humor ringan, salah satunya adalah backstory dari kerajaan Chupakabura yang kelewat absurd.

Bila kalian menyukai anime bertemakan pekerjaan seperti Hanasaku Iroha dan Shirobako, pastinya kalian harus menonton anime yang satu ini juga. Walaupun masih terkesan berjudi antara bagus atau tidak, tetapi paling tidak saya percaya dari segi cerita, Sakura Quest nggak akan malu-maluin kok.

Comments

Popular posts from this blog

[Review] Kimi no Na wa.

Sudah lebih dari 4 bulan kita mendengar hype dari film Kimi no Na wa setelah sukses mendapatkan segudang penghargaan baik di negeri asalnya maupun di luar negeri dan juga berhasil mendapatkan keuntungan sebesar 19,9 milyar Yen atau sekitar 2,4 trilyun Rupiah sejak debutnya pada Agustus kemarin. Akhirnya kita bisa menontonnya secara langsung di Indonesia karena sekitar 2 minggu yang lalu CGV Blitz baru saja memberikan sebuah pengumuman yang sangat mengejutkan, yaitu ingin menayangkan Kimi no Na wa di Indonesia. Pastinya banyak sekali yang merasa senang karena bisa menonton karya Makoto Shinkai dari layar bioskop yang besar itu.

Melihat Lebih Dekat, Kimi no Na wa.

Tulisan ini bukan tulisan saya, melainkan tulisan dari salah seorang teman saya di forum Kaskus yang menurut saya dia cukup expert di dalam dunia per anime-an. Dia adalah kyuudere (nama di ID forumnya), dan ini dia sedikit tulisannya tentang film ini.